Subhanallah! Tak Hanya Wangi, Ternyata Daun Pandan boleh Menurunkan Kolesterol dan Mengatasi kanser ! 7 Kehebatan Daun Pandan Ini Jangan dilepaskan!!

Subhanallah! Tak Hanya Wangi, Ternyata Daun Pandan boleh  Menurunkan Kolesterol dan Mengatasi kanser ! 7 Kehebatan Daun Pandan Ini Jangan dilepaskan!!


Daun pandan menjadi satu tanaman yang tak terpisahkan dari masyarakat Asia. Daun pandan cukup mudah untuk ditemui. Banyak orang yang boleh menanam tanaman ini di rumahnya.

Daun pandan memiliki aroma yang harum, kerap kali  daun ini digunakan sebagai pengharum makanan agar makanan lebih terasa enak dan lazat untuk dimakan. Tidak hanya itu, daun pandan juga sering dijadikan pewarna dan penambah rasa untuk makanan. Namun, kenyataannya daun pandan tidak hanya bermafaat sebagai pelengkap masakan Anda, tapi juga untuk kesihatan.

Daun pandan mengandung tanin, glikosida dan alkaloid, yang membuat manfaat daun pandan untuk kesihatan begitu sayang jika dilepaskan. Selengkapnya, semak informasi berikut ini.

Manfaat daun pandan untuk kesihatan

1. Membantu menurunkan kadar gula darah

Sebuah kajian yang diterbitkan pada jurnal Pharmacognosy Magazine membuktikan bahwa ekstrak daun pandan mampu mengurangi gula darah postprandial (pemeriksaan gula darah tanpa puasa terlebih dahulu).

Ekstrak daun pandan juga mampu mendorong produksi insulin pada sel-sel pankreas. Secara umum, daun pandan memiliki potensi sebagai sumber alami antihiperglikemik.

2. Mengatasi kanser

Menurut kajian yang dilakukan tahun 2014, ekstrak akar dan daun pandan memiliki efek sitotoksik, antimitotik, antiproliferatif dan apoptosis. Semua efek ini baik untuk mencegah atau menghentikan pertumbuhan kanker.

kearan itu, pandan memang memiliki potensi untuk digunakan dalam terapi kanser , seperti yang telah digunakan sebelumnya dalam waktu yang lama secara tradisional.

3. Meneutralkan racun

Tidak hanya air kelapa hijau yang mampu menghilangkan atau meneutralkan racun, tapi teh daun pandan juga boleh. Daun pandan sangat efektif untuk detoksifikasi tubuh, terutama organ hati.

tidak hanya meneutralkan, tapi daun ini juga membantu melepaskan racun dan kotoran dari tubuh. Daun pandan memiliki manfaat sebagai ubat ringan dan benar-benar selamat, serta boleh disyorkan juga untuk anak-anak.

4. Mengatasi rematik

Rematik atau rheumatoid arthritis adalah penyakit yang menyebabkan radang, dan kemudian mengakibatkan rasa sakit , kaku, dan bengkak pada sendi. Penyakit ini disebabkan oleh gangguan autoimun.

Yang paling sering terkena iaitu tangan, pergelangan tangan, kaki dan lutut. Yang jarang terkena iaitu bagian tubuh lain, seperti paru-paru, mata, jantung, pembuluh darah, kulit dan saraf.

Beberapa orang menggunakan daun pandan untuk mengatasi rematik. Caranya dengan merebus daun pandan segar dengan minyak kelapa, dikacau hingga merata. Setelah dingin, gunakan olahan daun pandan ini sebagai ubat gosok untuk dioles pada bagian yang rematik.

6. Meredakan rasa ngilu

Daun pandan mengandung sifat analgetik yang bertindak sebagai pereda kesakitan dari sakit kepala, keasakitan dada, dan arthritis.

Untuk menggunakan daun pandan sebagai peredah sakit, Anda bisa minum teh pandan dua kali sehari. Daun pandan juga memiliki kemampuan untuk mengurangi keram perut.

7. Menghilangkan kelemumur dan rambut gugur

Jangan salah, rambut juga boleh mendapat manfaat daun pandan. kelemumur adalah keadaan kulit kepala kronis yang umum terjadi, menyebabkan serpihan kulit mati pada kulit kepala dan dapat beragam dari ringan sampai parah. kelemumur membuat kepala menjadi gatal dan boleh merosak  kesihatn rambut.

Rambut gugur adalah keadaan  meluruhnya rambut dari kulit kepala atau area lain di tubuh Anda. Rambut rontok dapat merupakan hasil dari faktor keturunan, perubahan hormon, kondisi medis, atau obat-obatan. Rambut gugur dapat terjadi dengan berbagai cara berbeza, tergantung dari apa yang menyebabkannya. Rambut rontok dapat terjadi secara mendadak atau bertahap, dan memengaruhi hanya kulit kepala atau seluruh tubuh Anda.

keadaan ini boleh diubati salah satunya dengan menggunakan daun pandan. Cara pemakaiannya dengan menjadikan daun pandan untuk masker rambut. Tumbuk halus daun pandan lalu tambahkan air, kacau atau adaun hingga rata.

Oleskan pada rambut dan urut kulit kepala dengan lembut. biarkan beberapa minit dan cuci rambut hingga bersih.

Sumber; info kesihatan

share info ini jika bermanfaat...

No comments:

Post a Comment

HUKUM SOLAT TIDAK PAKAI BAJU DALAM BAGI PEREMPUAN DAN SELUAR DALAM BAGI LELAKI.INI JAWAPAN YANG PERLU DIKETAHUI.

HUKUM SOLAT TIDAK PAKAI BAJU DALAM BAGI PEREMPUAN DAN SELUAR DALAM BAGI LELAKI.INI JAWAPAN YANG PERLU DIKETAHUI. Sudah tentu terta...