Apa tanda- tanda taubat seseorang Diterima Allah SWT

4 Ciri Taubat yang Diterima Allah SWT


Kamu mau masuk surga atau neraka?
Dream - Tak selamanya segala ciptaan Allah SWT hidup di dunia. Semua akan kembali kepada-Nya. Saat itu juga `tabungan` manusia selama di dunia jadi penentu apakah surga atau neraka yang akan ditempati.

Namun sebelum semua itu terjadi, kita tentu sangat mendambakan surga menjadi tempat terakhir kelak. Oleh karenanya, bertaubat adalah suatu cara menyucikan diri agar kelak surga bisa menjadi tempat terakhir yang kita dambakan.




Ada empat tanda taubat seorang hamba diterima di sisi Allah SWT.

1. Lebih terjaga cara bicaranya
2. Tidak memiliki dengki terhadap orang beriman
3. Nyaman dan senang pada lingkungan yang baik
4. Tak pernah berhenti bertaubat

Lalu bagaimana langkah menjalani itu semua

Empat Ciri Diterimanya Sebuah Pertaubatan

Sebagai manusia, kita pasti pernah berbuat dosa. Dan sebaik-baiknya seorang hamba adalah ia yang bertaubat dari dosa-dosa tersebut. Tentu kita semua sepakat akan hal ini. Sebab jika tidak bertaubat, mau jadi apa kita kelak?
Kita tak akan selamanya berada di dunia. Kiamat pasti akan tiba, bahkan beberapa tandanya sudah bermunculan. Kita tentu mendambakan surga menjadi tempat terakhir kelak. Oleh karenanya, bertaubat adalah suatu cara menyucikan diri agar kelak surga bisa menjadi tempat terakhir yang kita dambakan. Mengacu pendapat Syekh Abdul Qadir al-Jailani, ada 4 tanda diterimanya taubat seorang hamba.

4 tanda diterimanya taubat seorang hamba

Lebih terjaga cara bicaranya

Hal ini bisa terjadi karena hatinya telah bersih dan peka. Dua hal ini membuat hati semakin hidup dan memandu tutur kata, sehingga ia tak berani untuk berkata kasar, bohong, jorok, sombong, dan perkataan tidak mengenakkan yang lain. Hatinya akan terus-menerus mengingatkan.

Tidak memiliki dengki terhadap orang beriman

Ia akan selalu sadar bahwa semua karunia yang didapat saudara-saudara seimannya adalah karena Allah Ta'ala, entah itu kesehatan, pangkat, kepintaran, kekayaan dan sebagainya. Dengki pada orang beriman berarti sama saja tidak suka dengan dengan kehendak Allah Ta'ala.

Nyaman dan Senang pada lingkungan yang baik

Secara otomatis, jika hati telah bersih dan peka, ia memancarkan semacam frekuensi, dan akan mencari lingkungan yang sefrekuensi. Hatinya yang bersih akan membuatnya sangat berhati-hati dalam pergaulan yang tak baik di lingkungan. Hatinya yang lembut juga akan membuat dirinya sulit menertawakan kekurangan orang lain..

Tak pernah berhenti bertaubat

Orang yang taubatnya diterima, tak memiliki istilah libur dalam bertaubat. Ia akan terus menerus bertaubat. Sholat fardhu selalu dinantikan, karena memang sholat fardhu bisa menggugurkan dosa, bahkan ketika wudhu pun, jatuhnya air wudhu saja sudah bisa menggugurkan dosa. Dari sholat fardhu ke sholat jum'at. Ia sangat menantikan datangnya hari jum'at yang begitu istimewa setiap seminggu sekali. Dan berharap dipanjangkan umurnya pula hingga ramadhan tahun depan.

sumber:DReam.co

No comments:

Post a Comment

HUKUM SOLAT TIDAK PAKAI BAJU DALAM BAGI PEREMPUAN DAN SELUAR DALAM BAGI LELAKI.INI JAWAPAN YANG PERLU DIKETAHUI.

HUKUM SOLAT TIDAK PAKAI BAJU DALAM BAGI PEREMPUAN DAN SELUAR DALAM BAGI LELAKI.INI JAWAPAN YANG PERLU DIKETAHUI. Sudah tentu terta...