2 SEBAB KENAPA SUAMI ISTERI KENA USAHAKAN SOLAT TAHAJJUD BERSAMA...RUGI TAK TAHU!

2 SEBAB KENAPA SUAMI ISTERI KENA USAHAKAN SOLAT TAHAJJUD BERSAMA...RUGI TAK TAHU!




Keutamaan solat tahajud tak hanya membuat pelakunya mendapatkan kedudukan terpuji di sisi Allah.

Namun ada pula keistimewaan yang akan diberikan Allah khusus kepada suami isteri yang bangun bertahajud bersama-sama.

1. Mereka berdua dirahmati Allah dan dijadikan keluarga yang penuh kasih sayang
Setiap pasangan suami isteri pasti ingin keluarganya sakinah mawaddah wa rahmah. Sakinah itu ketenangan.

Keluarga yang sakinah adalah apabila sang suami yang ketika di luar rumah penat kerana pekerjaan atau lelah berdakwah, menjadi tenang saat masuk ke dalam rumah dan bertemu dengan isterinya.

Mawaddah itu ertinya cinta yang berpaksikan pada sosok fizikal.

Atas sebab merasakan isterinya cantik dan suaminya tampan, hasrat cinta pun menyatukan keduanya.

Dari mawaddah inilah suami isteri saling memenuhi tuntutan biologinya dan mengubah syahwat menjadi berpahala.

Mawaddah umumnya dominan pada usia pernikahan muda.

Apabila semakin bertambah usia perkahwinan, biasanya mawaddah memudar.

Tetapi apa yang membuatkan suami isteri tetap harmoni dan bahagia meskipun tidur saling membelakangi?

Itulah rahmah.

Cinta dan kasih sayang bukan karena pertimbangan fizikal sama sekali. Tetapi kerana akhlak, karakter, dan kerana cinta itu sendiri.

Untuk suami isteri yang saling membangunkan dan menunaikan solat tahajud, Allah memberikan rahmat-Nya.

Rahmat yang salah satu bentuknya menjadi rahmah dalam rumah tangga.

رَحِمَ اللَّهُ رَجُلاً قَامَ مِنَ اللَّيْلِ فَصَلَّى وَأَيْقَظَ امْرَأَتَهُ فَصَلَّتْ فَإِنْ أَبَتْ رَشَّ فِى وَجْهِهَا الْمَاءَ رَحِمَ اللَّهُ امْرَأَةً قَامَتْ مِنَ اللَّيْلِ فَصَلَّتْ وَأَيْقَظَتْ زَوْجَهَا فَصَلَّى فَإِنْ أَبَى رَشَّتْ فِى وَجْهِهِ الْمَاءَ

“Semoga Allah merahmati seorang lelaki yang bangun di waktu malam lalu solat dan dia pun membangunkan isterinya lalu sang isteri juga solat. Bila isteri tidak mau bangun, dia percikkan air ke wajahnya. Semoga Allah juga merahmati seorang perempuan yang bangun di waktu malam lalu dia solat dan dia pun membangunkan suaminya. Bila suami enggan untuk bangun, ia pun memercikkan air ke wajahnya.” (HR. An Nasa’i. Hadits senada juga diriwayatkan Abu Dawud dan Tirmidzi)

2. Dicatat sebagai orang-orang yang selalu mengingat Allah
Alangkah bahagianya jika Allah memasukkan seorang hamba dalam kategori selalu mengingat-Nya.

Sebab Allah menjanjikan, siapa yang mengingat-Nya maka Allah akan mengingat orang tersebut.

Saat ada masalah, ditolong oleh Allah. Saat memerlukan sesuatu, dibantu oleh Allah. Saat dizalimi, dibela oleh Allah.

Suami isteri yang saling membangunkan untuk solat tahajud meskipun hanya dua rakaat, mereka berdua mendapatkan keistimewaan ini.

إِذَا أَيْقَظَ الرَّجُلُ أَهْلَهُ مِنَ اللَّيْلِ فَصَلَّيَا أَوْ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ جَمِيعًا كُتِبَا فِى الذَّاكِرِينَ وَالذَّاكِرَاتِ

“Jika seorang laki-laki membangunkan istrinya di waktu malam lalu keduanya shalat, atau shalat dua rakaat bersama, maka keduanya ditulis dalam kelompok orang-orang yang selalu mengingat Allah” (HR. Abu Daud, An Nasa’i dan Thabrani).

Sholat tahajud memiliki manfaat yang sangat besar jika dikerjakan secara rutin setiap malam. Karena manfaat ini pula, mengapa sehingga sholat tahajud sangat dianjurkan bagi umat muslim. Banyak dalil-dalil, baik itu Al-Qur'an maupun hadis yang memberikan penjelasan tentang kandungan manfaat yang dimiliki oleh sholat sepertiga malam ini. Beberapa diantaranya seperti, penghapus dosa, pembuka rejeki, pengabul doa, dan masih banyak lagi. Tentunya, semua itu hanya dapat diraih jika kita rajin untuk bertahajud. Mungkin, ini pula yang menjadi sebab, Rasulullah di sepanjang hidupnya tidak pernah meninggalkan sholat tahajud. Bahkan, dalam sebuah riwayat dikatakan bahwa, sebelum sholat lima waktu diwajibkan kepada Rasulullah, perintah melaksanakan sholat tahajudlah yang pertama kali diterima oleh beliau dari Allah SWT.

Manfaat Shalat Tahajud Setiap Malam – Seorang muslim yang mengerjakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Salah satu perintah Allah adalah mengerjakan shalat. Shalat yang wajib dikerjakan adalah shalat fardhu 5 kali dalam sehari semalam. Sedangkan shalat sunnah yaitu shalat yang tidak wajib dilakukan tapi jika dilakukan akan mendapatkan pahala dan keutamaan.

Manfaat Shalat Tahajud Setiap Malam
yesmuslim.blogspot.com
Seorang muslim dianjurkan untuk melaksanakan shalat sunnat tahajud setiap malam. Shalat tahajud adalah salah satu shalat sunnat yang dikerjakan pada sepertiga malam antara jam 03.00. Pada waktu ini do’a akan diijabah oleh Allah, malaikat akan turun ke bumi.

Dari Aisyah r.a, beliau berkata :

“Nabi Shalallahu’alaihi Wasallam mengerjakn shalat malam sampai kedua telapak kakinya bengkak, lalu aku bertanya kepada beliau, ‘Mengapa engkau melakuka seperti ini, ya Rasulullah, padahal dosamu yang lalu maupun yang akan datang telah diampuni Allah?’ Beliau menjawab, ‘Apakah tidak boleh menjadi hamba Allah yang bersyukur?’.” (H.R Bukhari dan Muslim)

Rasulullah yang sudah dijamin keselamatan dan kebahagiaannya saja masih melakukan shalat tahajud, namun kita kadang masih ragu untuk melaksanakannya.

Seseorang yang senantiasa melaksanakan shalat tahajud, ia akan bisa mengontrol emosinya, karena memiliki ketenangan dan kedamaian jiwa. Beberapa manfaat shalat tahajud setiap malam adalah sebagai berikut:

Manfaat Shalat Tahajud Setiap Malam
1. Menghapus dosa dan mencegah berbuat dosa
Manfaat Shalat Tahajud Setiap malam
wikimedia.org
Shalat tahajud adalah sarana mendekatka diri kepada Allah. Jika kita ingin meminta sesuatu tentu kita harus mendekatkan diri kepada Allah, karena Allah adalah tempat kita meminta. Seperti saat kita ingin meminta ampunan atas dosa yang banyak telah kita perbuat maka kita harus mendekatkan diri kepada Allah agar taubat kita diterima.

Jika shalat tahajud dilakukan secara rutin dan istiqomah orang-orang yang memiliki niat tulus, maka keistimewaan shalat tahajud akan diberikan kepada orang-orang tersebut.

Shalat tahajud memiliki banyak keistimewaan, salah satunya adalah media untuk menghapus dosa yang telah lama kita perbuat serta akan mencegah kita melakukan dosa, karena orang yang melakukan shalat tahajud  setiap malam selalu merasa diawasi oleh Allah.

2. Jaminan masuk surga
Manfaat Shalat Tahajud Setiap Malam
pixabay.com
Orang yang senantiasa melaksanakan shalat tahajud setiap malam dengan penuh keikhlasan maka jaminannya surga. Sudah jelas diriwayatkan pada sebuah hadits jaminan surga bagi orang yang melaksanakan shalat tahajud.
Rasulullah Shalallahu’alaihi Wasallam bersabda: “Wahai sekalian manusia, sebarkanlah salam, berilah makanan, sambunglah tali persaudaraan dan shalatlah ketika manusia terlelap tidur pada waktu malam niscaya engkau akan masuk surga dengan selamat.” (H.R Ibnu Majah)

Shalat tahajud merupakan shalat yang dilaksanakan pada sepertiga malam saat orang-orang sedang tidur. Walaupun kelihatan mudah tetapi berat dilaksanakan, jika belum terbiasa Allah akan memberikan balasan surga.

3. Mendapatkan keringanan di yaumul hisab
Manfaat Shalat Tahajud Setiap Malam
pixabay.com
Saat di akhirat nanti tidak ada yang bisa menolong kita termasuk keluarga kita, teman kita, harta kita dan lainnya. Kecuali hanya satu, yaitu amal kebaikan kita selama di dunia.

Ketika timbangan amal kebaikan kita lebih berat maka kita akan masuk surga, tetapi jika timbangan amal keburukannya lebih berat maka akan masuk neraka. Seorang muslim yang rutin melaksanakan shalat tahajud akan mendapatkan keringan hisab di yaumul hisab nanti.

4. Tanda taqwanya tampak di muka
Manfaat Shalat Tahajud Setiap Malam
pixabay.com
Orang selalu melaksanakan shalat tahajud wajahnya akan terihat bersinar. Hatinya akan tertuntun untuk mengerjakan kebaikan-kebaikan karena shalat tahajud mencegah perbuatan tercela. Shalat tahajud akan menjaga keimanan seseorang.

Diriwayatkan Abu Hurairah r.a bahwa Rasulullah Shalallahu’alaihi Wasallam bersabda:

“Setan mengikat dengan tiga ikatan. Masing-masing mereka mengatakan, ‘Engkau masih memiliki malam yang panjang, tidurlah!’ Jika ia bangun dengan menyebut nama Allah, maka terlepas satu ikatan. Jika ia berwudhu, maka lepas ikatan selanjutnya. Dan jika ia mengerjakan shalat, maka terlepas satu ikatan lagi, sehingga keesokan harinya ia menjadi rajin, demikian juga dengan jiwanya. Jika tidak demikian, maka esok harinya jiwanya menjadi kotor dan jiwanya menjadi pemalas.” (H.R Muslim)

5. Mendapatkan cinta dan ridho Allah
Saat orang lain sedang menikmati tidurnya, namun orang mukmin bangun dan memilih meninggalkan kenyamanan tidur dan meninggalkan syahwatnya. Mereka bangun dan melaksanakan shalat tahajud untuk mendekatkan dirinya kepada Allah. Janji Allah nyata bahwa orang yang senantiasa mendekatkan diri dan meminta kepada-Nya maka akan dikabulkan.

Allah sangat cinta kepada hambanya yang mau mendekatkan diri kepada-Nya. Do’a apapun yang kita minta akan dikabulkan oleh Allah jika Allah sudah ridho. Sebagai seorang mukmin tentu tidak akan meminta hal-hal selain untuk kebaikan. Hanya Allah yang akan mencukupkan semua kebutuhan kita.

6. Shalat yang paling afdhal setelah shalat wajib
Shalat tahajud dilakukan pada sepertiga malam yang akan memberikan waktu dan suasana yang khusyu’ untuk berdo’a. Diwaktu itu kita bisa menumpahkan segala masalah dan keluh kesah yang kita rasakan kepada Allah.

Dari Ibnu Umar r.a, bahwa ia berkata: Sesungguhnya Rasulullah Shalallahu’alaihi Wasallam bersabda:

“Jadikanlah shalat witir sebagai shalat di malam hari.” (H.R Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan Nasa’i)

Hati kita akan terasa aman, nyaman serta keikhlasan akan tercipta pada setiap kejadian yang menimpa kehidupan kita. Shalat tahajud merupakan shalat yang afdhal setelah shalat fardhu, maka Allah memberikan banyak keeistimewaan kepada orang yang dengan ikhlas melaksanakannya.

7. Dikabulkan do’a
Allah berjanji kepada orang yang mau melaksanakan shalat tahajud, apabila ia meminta sesuatu maka akan dikabulkan, memohon ampun maka Allah akan mengampuni, siapa yang berod’a kepada Allah akan dikabulkan.

Dari Jabir r.a, bahwa ia berkata: Aku telah mendengar Rasulullah Shalallahu’alaihi Wasallam bersabda:

“Sesungguhnya pada waktu malam terdapat suatu waktu yang jika saja bertepatan dengan waktu itu seorang hamba (muslim) meminta kebaikan kepada Allah berkenaan dengan urusan dunia dan akhirat, sudah pasti Allah akan meberikannya. Waktu itu teradapat pada setiap malam.” (H.R Muslim)

Pada sepertiga malam malaikat akan turun ke bumi dan memeriksa siapa saja yang berdo’a maka do’anya akan disampaikannya kepada Allah. Do’a yang dipanjatkan pada waktu-waktu mustajab akan dikabulkan Allah. Berdo’alah kepada Allah apa yang menjadi keluh kesahmu, mengadulah kepada Allah maka Allah Maha pengatur segalanya.

8. Diangkat derajatnya ke tempat yang terpuji
Orang yang melaksanakan shalat tahajud derajatnya akan diangkat oleh Allah. Orang yang melaksanakan sholat tahajud akan diberikan tempat yang berbeda dari orang tidak melaksanakannya shalat tahajud.

Orang yang melaksanakan shalat tahajud akan diberikan derajat dan tempat yang terpuji yang membedakan mana yang beraqwa dan tidak bertaqwa. Kenikmatan dan derajatnya tidak ada yang bisa menyamainya, karena hanya akan diberikan kepada orang yang mau melaksanakan shalat tahajud dengan penuh keikhlasan.

9. Meringankan lamanya berdiri di hari kiamat nanti
Manfaat shalat tahajud setiap malam salah satunya meringankan lamanya berdiri di hari kiamat nanti. Hari kiamat merupakan hari akhir dari kehidupan setiap makhluk dan segalanya di dunia. Semua yang ada di dunia ini pasti mengalami kehancuran.

Pada hari itu tidak ada yang bisa menolong kita, hanya pertolongan Allah dan amal baik yang dapat menolong kita. Maka shalat tahajud akan menolong kita meringankan apapun yang kita rasakan ketika di hari kiamat nanti.

10. Penyebab husnul khotimah
Setiap makhluk yang bernyawa pasti akan mati. Husnul Khotimah akan menentukan kita masih dalam keadaan islam, beriman atau tidak saat nyawa kita dicabut. Husnul khotimah sangat didambakan oleh semua orang yang beriman. Husnul khotimah merupakan mati dalam keadaan baik dan dijamin masuk surga.

Melaksanakan shalat tahajud akan mengingatkan diri kita kepada Allah, karena ajal pasti akan menjemput kita tanpa kita ketahui. Semoga dengan senantiasa melaksanakan shalat tahajud bisa mengantarkan kita menuju husnul khotimah.

11. Mempercepat tercapainya cita-cita
Setiap manusia pasti ingin cita-citanya tercapai, sebagai seorang yang beriman tentunya akan berusaha, berikhtiar dan senantiasa berdo’a. Usaha tanpa do’a maka sia-sia. Maka dalam mencapai cita-cita berusahalah dan berdo’a pada sepertiga malam setelah shalat tahajud, karena waktu tersebut merupakan waktu yang mustajab.

12. Menjauhkan diri dari kelalaian hati
Manfaat shalat tahajud setiap malam yang berikutnya yaitu menjauhkan diri dari kelalaian hati. Maka kita akan selalu diingatkan untuk senantiasa mengingat Allah yang Maha besar, sehingga hati kita terhindar dari penyakit hati yang dapat membuat kita lupa dan lalai.

Dalam sebuah hadits dijelaskan bahwa “Barangsiapa yang melaksanakan shalat malam dengan membaca seratus ayat, maka ia tidak akan dicatat sebagai orang lali. Dan jika membaca dua ratus ayat, maka sungguh akan dicatat sebagai orang yang selalu taat dan ikhlas.”

No comments:

Post a Comment

HUKUM SOLAT TIDAK PAKAI BAJU DALAM BAGI PEREMPUAN DAN SELUAR DALAM BAGI LELAKI.INI JAWAPAN YANG PERLU DIKETAHUI.

HUKUM SOLAT TIDAK PAKAI BAJU DALAM BAGI PEREMPUAN DAN SELUAR DALAM BAGI LELAKI.INI JAWAPAN YANG PERLU DIKETAHUI. Sudah tentu terta...